Memahami Iklim Regulasi Infrastruktur TIK di Papua Nugini: Studi Kasus Sistem Informasi Pemerintahan Terpadu (IGIS)
June 4, 2024
Louis Budiman, Muhammad Nidhal

Metrics

  • Eye Icon 4 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 4 views  //  0 downloads
Memahami Iklim Regulasi  Infrastruktur TIK di Papua Nugini: Studi Kasus Sistem Informasi Pemerintahan Terpadu (IGIS) Image
Abstract

Sistem Informasi Pemerintahan Terpadu (Integrated Government Information System atau IGIS) adalah jaringan pemerintah privat yang meliputi komponen-komponen seperti layanan manajemen arsip dan data, pos elektronik (email) pemerintah, pencatatan sipil, portal IGIS, pusat data IGIS & pusat pemulihan bencana, jaringan IGIS, serta kantor manajemen proyek. Proyek ini ditujukan untuk mengatur data publik pemerintah yang tersebar di seluruh 47 departemen di Papua Nugini (PNG). Proyek ini akan memperbaiki kolaborasi dan koordinasi antarlembaga pemerintah dengan memfasilitasi sebuah platform terpusat untuk saling bertukar, mengarsipkan, dan menyimpan data sehingga meningkatkan sentralisasi data dan mengoptimalkan biaya komputasi.
Studi kasus ini menganalisis iklim regulasi yang mengatur perencanaan, pendanaan, dan pelaksanaan proyek IGIS di PNG. Meski proyek IGIS bertujuan mengefisienkan manajemen data publik, studi kasus ini menemukan adanya kesenjangan tata kelola dalam aspek keamanan, transparansi, dan pembiayaan dalam pelaksanaannya.

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 4 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 4 views  //  0 downloads